Rabu, 23 September 2015

Generic Structure Spoof Text



         Seperti disebutkan diatas, spoof memiliki kesamaan dengan teks-teks lain yang bertujuan untuk menceritakan sebuah kisah. Namun ada sedikit perbedaan diatara kelompok teks cerita tersebut. Spoof text akan mengikuti pola struktur penyususnan sebagai berikut:


1. Orientation: Selalu sebuah cerita akan diawalai denga siapa tokok ceritanya, dimana terjadinya dan kapan tokoh cerita  dikisahkan.

2. Events: Penyajian peristiwa apa saja yang dialami oleh tokoh cerita. Ini berbeda dengan teks narrative dimana pada fase ini, diperlkan adanya eksplorasi pertentangan, semantara untuk teks spoof cukup hanya denga menyjikan peristiwa yang dialami oleh pelaku cerita.
3. Twist: Fase ketiga ini adalah unsur yang paling menetukan sebuah teks spoof. Twist didefinsiskan sebagai alur cerita yang berakhir tak terduga bagi pembacanya. Hal yang tidak disangka-sangka oleh pembaca ini kemudian menimbulkan kesan lucu pada keseluruahn cerita.


Contoh Spoof Text 

Private Conversation
          Last week I went to the theatre. I had a very good seat. The play was very interesting.I did not enjoy it. A young man and a young woman were sitting behind me. They were talking very loudly.I got very angry. I could not hear the actors. I turned around. I looked at the man and the young woman angrily. They did not pay any attention.In the end, I could not bear it. I turned around again. “I could not hear a word” I said angrily.“It’s none of your business” the young man said rudely. “This is a private conversation”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar